Gambar Ilustrasi E-Learning |
Pemanfaatan internet untuk pembelajaran atau e-learning juga tidak
terlepas dari berbagai kekurangan antara lain:
a.
Kurangnya
interaksi antara guru dan siswa atau bahkan antar siswa itu sendiri. Kurangnya
interaksi ini bisa memperlambat terbentuknya volues dalam proses belajar dan
mengajar.
b.
Kecenderungan
mengabaikan aspek akademik atau aspek sosial dan sebaliknya mendorong tumbuhnya
aspek bisnis.
c.
Proses belajar
dan mengajamya cenderung ke arah pelatihan bukan pendidikan yang lebih
menekankan pada aspek pengetahuan atau psikomotor dan aspek afektif.
d.
Berubahnya
peran guru dari yang semula menguasai teknik pembelajaran konvensional, kini
juga dituntut menguasai teknik pembelajaran yang menggunakan internet.
e.
Siswa yang
tidak mempunyai motivasi belajar tinggi cenderung gagal.
f.
Tidak semua
tempat tersedia fasilitas internet (mungkin hal ini berkaitan dengan masalah
tersedianya listrik, telepon ataupun komputer).
g.
Keterbatasan
ketersediaan softwere (perangkat lunak) yang biayanya masih relatif mahal.
h.
Kurangnya
tenaga yang mengetahui dan memiliki keterampilan bidang internet dan kurangnya
penguasaan bahasa komputer.
Referensi
Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Rusman, Kurniawan, D., & Cepi, R. (2012). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo.
0 Komentar